Pemberdayaan Komunitas Wisata Edukasi Pagar Pelangi

Pemberdayaan Komunitas Wisata Edukasi Pagar Pelangi.

November 17, 2021

Hallo teman-teman kembali lagi nih diblog saya.Disini saya akan menceritakan tentang learning tourdi pagar pelangi.

Pada hari Jumat,10 Desember 2021 saya dan teman saya mengadakan pembelajaran di pagar pelangi,dadapan,sedan.kita berangkat pukul 13.00 WIB,sampai di sana pukul 14.30 WIB.

Pagar pelangi merupakan wisata yang bisa dikatakan ada unsur pondoknya karena wisata tersebut dibuat dan dilestarikan oleh anak-anak pondok yaitu pondok RN ASA dan ketua pondoknya yang bernama Bapak Abadi. Tiket masuk ke pagar pelangi sangat murah yaitu hanya Rp.2000. Disana saya dant eman-teman langsung mengamati wisata tersebut. Disana juga sudah tersedia jajanan yang di jual oleh anak-anak pondok itu sendiri. Ada yang berfoto-foto ria,membeli jajanan,dan sambil menikmati keindahan dipagar pelangi. 

Disana juga ada toilet,kolam renang, gazebo,cafe dan masih banyak lagi.Ternyata pagar pelangi adalah hasil kerja sama pembuatan dari anak-anak pondok RN ASA dengan bantuan Bapak Abadi yaitu owner wisata pagar pelangi sekaligus ketua pondok RN ASA. Disana kita mendengarkan Bapak Abadi bercerita tentang filosofi wisata pagar pelangi tersebut,dari tahun berapa pagar pelangi di buat,keluh kesah membangunnya,dan masih banyak lagi.Lokasi wisata pagar pelangi yaitu berada di desa dadapan, kecamatan sedan,Kabupaten Rembang. Pagar pelangi adalah tempat yang cocok untuk berkumpul dengan keluarga dan anak saudara,karena disana sudah tersedia beraneka macam makanan,minuman,jajanan tradisional dan masih banyak lagi. Serta disajikannya sport foto indah yang dimana orang-orang pasti menyukainya. Kehadiran pagar pelangi juga di nilai memberikan dampak baik bagi warga sekitar. Menu-menu kuliner tradisional yang di sajikan tadi juga menggandeng warga sekitar.

Jadi,pihaknya membeli menu-menu tersebut dari warga. Kemudian di jual.Dia menilai efek yang di dapatkan bisa menjadi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dia sendiri sudah mematok hanya jajan-jajan tradisional yang di jual di pagar pelangi. Kalau bisa bahan-bahan baku pembuatan jajan juga berasal dari lokal desa Dadapan. Selain cerita asal-usul terbentuknya Pagar Pelangi, ternyata ada juga yang menarik dari sini, yaitu banyak santri yang memiliki keter batasan dan kekurangan,seperti yang di katakan Pak Abadi,umumnya siswa di sini membutuhkan perhatian khusus karena banyak yang mengalami keterbatasan. Santri dengan kekurangan itu datang dari berbagai daerah dia Kbupaten Rembang, dari yang tidak punya ayah,tidak punya ibu,tidak punya ayah ibu,Bahkan santri yang tidak memiliki identitaspun banyak di pondok ini.Pak Abadi sebagai ustadz merasa tidak keberatan dengan banyaknya santri yang memiliki keter batasan dan kekurangan itu. Beliau tulus dan ikhlas merawat santrinya dengan penuh kasih sayang

Disana saya dan teman saya banyak sekali mendapat pelajaran tentang filosofi wisata pagar pelangi. Setelah selesai,pada pukul 16.00 WIB saya dan teman saya pulang. Dan itulah cerita saya saat beredukasi di pagar pelangi bersama teman saya 😂.
Terimakasih yang sudah mau membaca blog dari saya, apabila ada kesalahan ataupun kekurangan saya memohon maaf 


Penulis : Izza Ainun Nisfa'

Email : izza2388@gmail.com

Instagram : _zzapeo 

SMA N 1 PAMOTAN


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KULINER DIHARI LEBARAN

SILSILAH KELUARGAKU

My First Post! Perkenalan di Blog